Konsep dan Fungsi Bisnis (Business Income, Portofolio Income, Passive Income)

  1. Pengertian Bisnis

            Bisnis berasal dari kata business yang artinya sibuk. Sibuk disini diartikan menjadi sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendapatkan keuntungan. Dan dalam arti luas bisnis adalah:

  • Bisnis adalah sebuah aktivitas dan intuisi yang memproduksi barang dan jasa dalam kehidupan sehari-hari
  • Sebagai suatu sistem yang memproduksi barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan masyarakat

Dari pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa bisnis adalah kegiatan yang dilakukan oleh individu dan sekelompok orang (organisasi) yang menciptakan nilai melalui penciptaan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan memperoleh keuntungan melalui transaksi.

2. Konsep Bisnis

2

  1. Fungsi Bisnis

Fungsi bisnis dapat dilihat dari kepentingan mikro dan makro bisnis yaitu seperti berikut:

  1. Fungsi Mikro Bisnis

Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara langsung

  • Pekerja/Karyawan

Karyawan menginginkan gaji yang layak dari hasil kerjanya, manajer perusahaan menginginkan kinerja yang tinggi agar omzet penjualan dan laba nya pun ikut meningkat.

  • Dewan Komisaris

Memantau kegiatan dan mengawasi manajemen, memastikan kegiatan sesuai dengan apa yang diinginkan.

  • Pemegang Saham

Pemegang saham memiliki kepentingan dan tanggung jawab tertentu terhadap perusahaan

  1. Fungsi Makro Bisnis

Kontribusi terhadap pihak yang terlibat secara tidak langsung

  • Masyarakat sekitar perusahaan

Memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar sebagai bentuk tanggung jawab perusahaan

  • Bangsa dan Negara

Tanggung jawab ini dapat diwujudkan dengan cara membayar pajak tiap tahunnya

  1. Elemen dan Sistem Bisnis
  2. Modal (capital)

    Sejumlah uang yang digunakan dalam menjalankan kegiatan bisnis

  1. Bahan-Bahan (Materials)

    Merupakan faktor yang dibutuhkan dalam bisnis untuk menghasilkan

    barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat

  1. Sumber Daya Manusia (Human Resources Department)

    Pekerja yang mempunyai kemampuan kompetitif dan berkualitas

    tinggi

  1. Ketrampilan Manajemen (Management Skill)

    Sistem manajemen yang dilaksanakan berdasarkan prosedur dan

    tata kerja manajemen.

  1. Teknologi Informasi dan Bisnis

            Dalam dunia bisnis, teknologi informasi berperan dan mempunyai pengaruh yang sangat amat kuat. Karena pada saat ini transaksi bisnis bisa dicatat secara online, dan pada saat yang hampir bersamaan hasil yang telah diolah dapat dilihat seperti yang lazim dilakukan nasabah sebuah bank saat transaksi ATM. Maraknya perdagangan secara elektronik atau yang biasa orang menyebutnya E-Commerce.

Sistem E-Commerce dapat dibagi menjadi tiga aplikasi yaitu:

  • Electronics Markets (EMs) adalah sebuah sarana yang menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk melakukan penawaran dalam pasar.
  • Electronics Data Interchange (EDI) merupakan sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah yang sangat besar dalam organisasi-organisasi komersial.
  • Internet Commerce adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan,  kegiatan komersial ini seperti iklan dalam penjualan produk dan jasa

Teknologi Informasi ternyata memiliki banyak pengaruh bagi manusia untuk membantu manusia dalam memecahkan masalah yaitu:

  • Meningkatkan produktivitas
  • Meningkatkan efektivitas
  • Meningkatkan efisiensi
  • Meningkatkan mutu dan kreativitas
  • Problem solving (pemecahan masalah)

Pemakai teknologi informasi harus mempunyai tanggung jawab dalam memaksimalkan kinerja teknolog informasi. Pemakai harus tau cara menggunakannya tanpa harus melanggar hak, privasi dan keberadaan orang lain, pemakai harus melindungi data dan informasi jauh dari kehilangan maupun kerusakan.

           Lebih lanjut lagi, ada TIGA macam jenis penghasilan/income yg bisa didapat :

1.Business Income
Ada tiga macam bisnis yg bisa dilakukan, yaitu : Bisnis tradisional, franchise, dan networking (jaringan)

2.Portofolio Income
Income ini umunya dihasilkan dari paper assets. Paper assets itu sendiri menurut penulis terdiri dari : Saham, Obligasi, Reksadana, Bursa Berjangka, dan Option.

3.Passive Income
Passive income ini umumnya dihasilkan dari Real Estate. Perlu diketahui bahwa usaha Real Estate bisa termasuk B maupun I, tergantung “bagaimana” kita menghasilkan uang dari Real Estate tersebut.

A. Bisnis (Business Income)

1. Bisnis Tradisional
tradisional adalah sistem dalam manajemen yang berperan penting sebagai orang pada posisi agar dapat mempertahankan status quo dan mengendalikan bawahannya agar mematuhi aturan yang telah ditetapkan sebelumnya.

2. FRANCHISE
adalah badan usaha atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan/atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan, atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

3. JARINGAN / NETWORKING
adalah kegiatan sosial ekonomi dimana kelompok pengusaha mengenali, menciptakan, atau bertindak terhadap peluang bisnis. Sebuah jaringan usaha adalah jenis jaringan sosial yang ada dan menjadi alasan untuk kegiatan bisnis.

B. Investasi Portofolio (Portofolio Income)

1. SAHAM
Saham adalah surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Jika anda membeli saham berarti anda membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut. Dan anda berhak atas keuntungan perusahaan dalam bentuk dividen, jika perusahaan mebukukan keuntungan.

2. OBLIGASI
Obligasi adalah suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan yang merupakan suatu pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran.

3. REKSADANA
Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

4. BURSA BERJANGKA
Bursa berjangka adalah tempat/fasilitas memperjual belikan kontrak atas sejumlah komoditi atau instrumen keuangan dengan harga tertentu yang penyerahan barangnya disepakati akan dilakukan pada saat yang akan datang. Kontrak itu dibuat antara pihak-pihak yang saling tidak tahu lawaan transaksinya.

5. OPTION
Option adalah perjanjian yang memberikan si pembeli option hak untuk membeli atau menjual kontrak di masa yang akan datang pada harga tertentu (Specific Price) dan pada atau sebelum waktu tertentu (Expiration Date).

  • C. Properti (Passive Income)

1. Developer

Pengertian Developer Properti ialah perusahaan ataupun perorangan yang bergerak dalam bisnis properti, dimana dia menjadi pengembang atau dapat dikatakan pembangun serta pemasar properti itu sendiri baik berupa perumahan skala besar maupun skala kecil.

2. BROKER
Broker adalah perusahaan pialang yang Kegiatan utamanya adalah memberikan klien akses ke bursa mata uang internasional ( forex market ). Broker merupakan provider/penyedia server antara individu(trader) dan bursa valas.

3.INVESTOR
investor adalah orang perorangan atau lembaga baik domestik atau non domestik yang melakukan suatu investasi (bentuk penanaman modal sesuai dengan jenis investasi yang dipilihnya) baik dalam jangka pendek atau jangka panjang.

 

SUMBER :

http://lifeisfullofriddle.blogspot.co.id/2014/10/konsep-dan-fungsi-bisnis.html

Catatan Pribadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s