Object Oriented Programming

 

12

 

Apa Itu OOP ?

  • OOP adalah metode pemrograman yang menggunakan objek-objek (bukan algoritma) sebagai dasar pembangunan blok-blok logika.
  • Objek-objek yang digunakan tersebut merupakan instance dari class-class
  • Class-class dapat saling terhubung melalui hubungan pewarisan sifat (inheritance relationship)

Karakteristik OOP

Dari karakteristik OOP ini, kita dapat menggolongkan program atau perangkat lunak tergolong bahasa pemrograman berorientasi Object atau tidak. Karakteristik OOP antara lain : Encapsulation, Polymorphisme, Inheritance.

Selain dari karakteristik tersebut diatas, ada beberapa pengertian Penting OOP, antara lain : Object, Kelas, Metode, Konstraktor, Karakterisik, Variabel, Data.

Dalam pembahasan pngertian tersebut yang akan dibahas adalah mengenai :

Data

Data adalah istilah lain dari variabel OOP. Dalam pemrograman Java bisa juga disebut field, data member atau instance variabel. Data member dideklarasikan pada kelas.

 

Variable

Variable adalah bagian dari program yang digunakan untuk menyimpan data. Sebagai tempat menyimpan data, variable harus dideklarasikan, yaitu diberi tipe data, nama variable, dan dapat juga diberi nilai awal (inisiasi).

Object/Objek

Object adalah benda, baik yang berwujud nyata seperti yang dijumpai dalam kehidupan anda, maupun tidak nyata, seperti halnya yang berupa sistem atau konsep.

Class/Kelas

Class adalah wadah yang berisi abstraksi (permodelan) dari suatu Object(benda), yang mendeskripsikan data(sifat karakteristik) dan fungsi yang dimiliki oleh Object tersebut. Class disebut juga pemodelan dari Object yang berisi informasi (aturan) tentang sifat karakteristik (data) dan tingkah laku (method) yang dimiliki oleh Object tersebut.

Konstruktor

Konstruktor adalah method khusus yang memiliki nama sama dengan nama class. Konstruktor memiliki dua karakteristik sebagai berikut,

  • Konstruktor tidak mengembalikan nilai
  • Konstruktor mempunyai nama sama dengan nama class

Jika konstruktor tidak didefinisikan, Java memberikan konstruktor dengan nama constactor_default. Konstruktor default tidak melakukan apa – apa,namun variable yang dtidak diinisiasikan dianggap sebagai berikut,

  • Variable numeric diset ke 0
  • String diset ke null
  • Variable Boolean diset ke false

Method

Method / Prosedur / Fungsi / Behaviour merupakan istilah yang sama. Method adalah prosedur/fungsi yang dimiliki oleh sebuah Object. Karena pada dasarnya merupakan prosedur/fungsi, maka method ini akan mengolah atau mengubah data/variable yang ada di dalam Object sesuai dengan operasi yang dilakukan. Dari proses tersebut akan terjadi 3 kemungkinan :

  1. Mengembalikan suatu nilai akhir.
  2. Mengembalikan nilai yang bersifat sementara untuk kemudian diteruskan ke method lain.
  3. Tidak mengembalikan nilai sama sekali.

Pilar – pilar dalam OOP (Object Oriented Programming)

Perwarisan (Inheritance)

Pewarisan merupakan salah satu karakteristik dari OOP. Mendefinisikan class berdasarkan class yang ada disebut penurunan. Class baru atau class turunan berhubungan langsung dengan class diatasnya. Class asal disebut superclass.Suatu class dapat mewariskan atribut  dan method kepada class lain (subclass), serta membentuk class hierarchy.Penting untuk Reusability. Menggunakan key word EXTENDS

Contoh kasus dibawah ini adalah telepon merupakan alat yang menjadi inspirasi dibuatnya HP. Dengan beberapa fungsi tambahan. Disini fungsi tambahannya hanya melakukan sms. Anda dapat mengembangkan dengan fungsi infrared, Bluetooth, kamera, 3G dan lain- lain.

Telepon
Berbicara()

HP
Berbicara()SMS()

Banyak bentuk (Polymorphism)

Polymorphism berarti mempunyai banyak bentuk. Dua Object atau lebih mempunyai hal yang serupa tetapi mempunyai perilaku yang berbeda. Superclass dapat mempunyai method yang juga dimiliki oleh class turunannya. Method pada superclass dapat merupakan method virtual digunakan program yang memanggil suatu fungsi dari suatu class,mungkin memanggil fungsi pada class lain.Kemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) yang berbeda.

Implementasi konsep polymorphism:

  1. Overloading: Kemampuan untuk menggunakan nama yang sama untuk beberapa method yang berbeda parameter (tipe dan atau jumlah).
  2. Overriding: Kemampuan subclass untuk menimpa method dari superclass, yaitu dengan cara menggunakan nama dan parameter yang sama pada method.

Abstraction

Cara kita melihat suatu sistem dalam bentuk yang lebih sederhana, yaitu sebagai suatu kumpulan subsistem  (object) yang saling berinteraksi.Sebagai contoh,Mobil adalah kumpulan sistem pengapian, sistem kemudi, sistem pengereman.Alat meng-abstraksikan sesuatu adalah class. Object bersifat modularity. Object dapat ditulis dan dimaintain terpisah (independen) dari object lain.

REFRENSI

https://javanewbie.wordpress.com/java/dasar-java/pengenalan-oop/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s