Model Bisnis Open Source

Ilustrasi Model Bisnis

Model bisnis open source sangat berbeda dengan bisnis barang konvensional yang biasa terjadi di masyarakat. Dalam bisnis konvensional di masyarakat, pembeli akan membayar sesuai dengan nilai barang yang dijual. Di dunia perangkat lunak proprietary, nilai barang merupakan harga lisensi perangkat lunak.

Karena perangkat lunak open source bebas digunakan dan tidak menjual harga lisensi perangkat lunak, maka salah satu model bisnisnya adalah dengan memberi dukungan secara komersil kepada pengguna. Ada banyak model bisnis open source yang dikenal di dunia saat ini. Beberapa model di antaranya ada yang cocok diimplementasikan di Indonesia. Ada yang bisa langsung diterapkan, ada pula yang perlu disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

Nah, Apakah Model bisnis open source yang digunakan saat ini apakah sangat berpengaruh pada ekonomi sekarang ?

Jawabannya adalah tentu iya berpengaruh, karena menurut pendapat saya bisnis model open source untuk sangat ini sangat berperan penting dalam menjalankan roda ekonomi. Mengapa ? Karena menurut saya dampak dari berkembangnya ilmu teknologi yang semakin hari semakin pesat untuk saat ini, Model Bisnis Open Source tentu mengambil peran penting di dalamnya. Banyak peluang wirausaha berbasis teknologi atau technopreneur dengan memanfaatkan konsep Open Source. Berikut ini beberapa model bisnis yang telah digunakan banyak perusahaan dengan sukses.

  1. Competency-based services: Jasa berbasis kompetensi tanpa punya produk sendiri. Contoh: LSP (sertifikasi), NF (pelatihan), dll.
  2. Distribution, services, and branding: Jasa plus produk. Contoh: RedHat, BlankOn, dll.
  3. Widget frosting: Menjual produk seperti hardware (widget) yang menggunakan OSS (frosting). Contoh: Acer, IBM, Samsung, dll.
  4. Accessorizing: Majalah, buku, CD/DVD, dll.

Jadi, Menurut saya Model Bisnis Open Source bisa mempengaruhi ekonomi pada saat ini.

Referensi :

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s